Pages

Banner 468 x 60px

 

Jumat, 27 Januari 2012

Cyclo-Cross Mulai Merambah di Komunitas

BMX-KU - Cyclo-cross (kadang disebut juga cyclocross, CX, CCX, cyclo-X atau 'cross') adalah salah satu nomor dari balap sepeda. Cyclo-cross ini bisa dikatakan gabungan antara road bike (sepeda jalan raya) dan cross country (XC). Pebalap menggunakan sepeda road, namun melintasi trek cross country.
 
Membopong sepeda menjadi daya tarik sendiri pada balapan cyclo-cross. (bikesportmichigan)
 
Untuk sepeda road yang dimaksud tentu ada perbedaan antara sepeda road dan cyclo-cross seperti jenis ban. Untuk pemilihan trek pun demikian, tidak se-ekstrim cross country pada umumnya. 
Balapan biasanya berlangsung di musim gugur dan musim dingin (di internasional atau musim Piala Dunia yaitu pada September - Januari), dan terdiri dari banyak putaran/ lap (2.5 - 3.5 km atau 1.5 - 2 mile) yang menyajikan trotoar, jalur hutan, rumput, bukit terjal dan rintangan yang membuat pebalap harus turun dari sepeda dan membopongnya. 


Saat ini cyclo-cross mulai merambah di kalangan komunitas pecinta sepeda. Walau belum banyak dan masih terhitung dengan jari, perkembangan komunitas ini cukup menarik. Jika sebelumnya sepeda fixed gear/ fixie menjamur di 2011 (puncaknya), cyclo-cross menjadi sasaran hobi baru kaum muda. 
Tidak berbeda jauh dengan road bike maupun fixed gear pada umumnya (belum membedah part secara detail), bobot sepeda cyclo-cross termasuk ringan. Secara umum, balapan cyclo-cross ini seperti road bike mulai dari kostum (jersey, helm, sepatu) dan juga sepedanya sekilas mirip road bike. 
Yang berbeda dari bermain cyclo-cross dengan road bike yaitu terletak pada trek/ lintasannya. Bila road bike memakan waktu berjam-jam dan lintasan flat aspal (datar) jalan, cyclo-cross justru menantang trek layaknya sepeda gunung. Berlumuran lumpur dan tanah, membopong sepeda, itulah daya tarik cyclo-cross. 
Walaupun belum ada balapan cyclo-cross di Indonesia sendiri, namun dengan mulai adanya komunitas hobi cyclo-cross tersebut tidak menutup kemungkinan perkembangannya hingga ke jalur prestasi. 
Sebagai info, tentang cyclo-cross dapat kamu ikuti perkembangannya melalui twitter dengan hastag #MingguCX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar