Pages

Banner 468 x 60px

 

Selasa, 31 Januari 2012

Kejuaraan Downhill Tandai Peresmian Batam Downhillers Association

BMX-KU - Untuk meresmikan berdirinya Batam Downhillers Association (BadAss), pada Minggu tgl 29 Januari yang lalu, perkumpulan penggemar olah raga downhill Batam tersebut menyelenggarakan event bertajuk "Batam Light Downhill Challenge - 2012" bertempat di Track Super D - Duriangkang Bike Park Batam.

Andy Setiawan - Batam Light Downhill Challenge

Kegiatan yang sedianya hanya ditujukan untuk downhiller lokal Batam guna menandai berdirinya organisasi BadAss tersebut, diluar dugaan menarik animo cukup banyak, termasuk para downhiller dari negara tetangga Singapura, yang hanya berjarak 20 km sebelah utara Pulau Batam, yang mendapatkan info tentang event tersebut melalui jejaring sosial Facebook.

Para peserta Batam Light Downhill Challenge 2012

Sejak tercetusnya ide penyelenggaraan lomba yang hanya 2 minggu sebelum pelaksanaan, kemudian unofficially berubah statusnya dari kejuaraan internal BadAss menjadi Kejuaraan Downhill "Internasional" Panitia akhirnya memutuskan untuk membuat kuota hanya untuk 50 orang pembalap, dan hingga akhir masa pendaftaran, total tercatat ada 48 peserta yang mendaftarkan diri, terdiri dari 25 orang berasal dari Batam, 3 orang dari Tanjung Pinang, 18 orang dari Singapore, 1 orang dari Jepang dan 1 orang dari Norwegia.

Dari Singapore sendiri di kelas Men Open menurunkan pembalap Elite, Herman Mann, yang tercatat pernah memenangi peringkat pertama kelas Master Expert kejuaraan Specialized Asia Pacific Downhill Challenge yang diselenggarakan di Sebex - Sentul pada November lalu.
Sedang dari Norwegia adalah Adrian Nathan, pembalap usia 14 tahun yang juga merupakan anak didik Herman Mann ini mengikuti kelas Men Open, tercatat pada kejuaraan Specialized Aspac DH kemarin berada di peringkat 15 Men Open.

Penyerahan cendera mata dari MTB Jamz Singapore kepada BadAss


Sementara dari lokal Batam, di kelas bergengsi Batam mengandalkan Andi Setyawan dan Arys Farandy. Andi Setyawan sendiri pernah berkesempatan mengikuti 2 seri kejurnas UKDI tahun 2011 di kelas Men Sport, dan menduduki peringkat ke 25 di klasemen pembalap.
Sedangkan pembagian kategori lomba terdiri dari 5 kelas, Junior (dibawah 19 tahun), Men Open (20-30 tahun), Master A (31-35 tahun), Master B (36-40 tahun) dan Master C (41 tahun keatas), dimana disediakan hadiah berupa uang pembinaan untuk 5 podium di masing-masing kategori.
Kejuaraan yang dibuka oleh Bapak Prijanto, selaku Pembina Komite Duriangkang Bike Park, tempat berlangsungnya perlombaan, dilangsungkan dengan pola dual runs (dua kali lomba) dan menggunakan setengah panjang track, dengan total jarak dari start ke finish sekitar 400 meter. Pemenang setiap kategori ditentukan dengan waktu terbaik dari masing-masing run. Sedangkan untuk pencatat total waktu terbaik secara keseluruhan, akan memperebutkan satu unit sepeda fixie. Acara ini sendiri mendapat dukungan penuh dari Yayasan Citra Mas yang memiliki perhatian penuh untuk perkembangan kegiatan olah raga di Batam, termasuk Downhill.

Podium kelas men open - Batam Light Downhill Challenge

Pertandingan di awali dari kelas Junior, di ikuti Master C, lalu master B, kemudia master A dan ditutup dengan kelas bergengsi Men Open.
Di Run pertama kelas Men Open terjadi persaingan sengit antara Herman Mann, Adrian dan jagoan lokal Andy Setiawan dan Arys Farandy, keempatnya mencatat waktu yang nyaris bersamaan, dimana Andy, Arys dan Adrian membukukan waktu 58 detik, dan Mann 59 detik. Sengitnya persaingan kembali ditunjukkan keempatnya pada run kedua, tapi jagoan lokal Andy setiawan akhirnya berhasil unjuk gigi dengan catatan waktu 56 detik! sekaligus mencatatkan diri sebagai juara kelas Men Open, juga total best time over all, dan berhak memboyong pulang 1 unit sepeda fixie yang disediakan panitia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar