Pages

Banner 468 x 60px

 

Selasa, 31 Januari 2012

The Polygon 2nd International Bike Design 2011 Competition

BMX-KU - Sebagai salah satu produsen sepeda ternama di Indonesia serta mempunyai tanggung jawab untuk memperkuat cara fikir masyarakat. Dengan merancang dan menemukan design sepeda terbaru yang efektif maupun kreatif serta solusi baru sehingga mempunyai peran dalam memelihara lingkungan atau dikenal sebagai eco support.
 
Pogoce disain sepeda dari Rizki dan Felicia
 
Oleh karena itu Polygon mengadakan kompetisi  Polygon Bike Design Competition. Perhelatan ini pertama kali dimulai kompetisi ini pada tahun 2005, kompetisi yang secara rutin diadakan dengan tujuan untuk merangsang masyarakat umum mulai dari siswa, mahasiswa sampai dengan perancang profesional untuk menemukan ide-ide baru dan kreatif dalam merancang sepeda.
 
The Polygon 2nd International Bike Design 2011 Competition

Setiap kompetisi mempunyai tema yang berbeda dari sejak dimulainya pada tahun 2005, Creative Thinking (2005), Bike for Urban Lifestyle (2006), Bike Design for Human Interaction (2007) dan pada tahun 2008 kompetisi ini  go international untuk pertama kalinya dengan tema Bike Design for Human Lifestyle (2008) dan untuk tahun 2011 tema yang diusung adalah Bike Design for Community.
 
Rizki juara pertama bersama Peter Mulyadi - The Polygon 2nd International Bike Design 2011 Competition
 
 
Tema ini sengaja dipilih dikarenakan sekarang ini peran sepeda bukan hanya digunakan sebagai sarana transportasi atau lifestyle tetapi sudah merambah kepada peran pergaulan dan dalam berkomunitas. Dengan harapan kompetisi kali ini dapat menemukan desain sepeda yang kreatif dalam berkomunitas.

Kompetisi ini dimulai dengan rangkaian road show dengan durasi 6 bulan lamanya, presentasi dan undangan dari satu universitas ke universitas lainnya baik dalam negeri sampai kepada luar negeri. Sehingga mengundang ratusan sampai ribuan sketsa desain yang masuk dari seluruh dunia. Dari seluruh sketsa akan dipilih 16 finalis, dimana 16 finalis ini diberikan dana agar dapat membuat model sepeda sesuai desainnya sehingga dapat dipresentasikan di depan dewan juri yang terdiri dari profesor dari dalam negeri dan luar negeri. 28 Januari 2012 merupakan hari penjurian terakhir.

The Polygon 2nd Bike Design Competition akan memberikan penghargaan 5000 USD untuk juara pertama, 3000 USD juara kedua, 1500 USD juara ketiga dan juara favorit akan mendapatkan 1000 USD. Khusus juara  favorit ini diputuskan melalui voting internet di www.polygonbikedesign.com yang dimulai pada tanggal 28 Januari 2012 hingga 28 Februari 2012.

Dari 16 finalis, terpilihlah tiga orang pemenang ditambah satu penghargaan yang diberikan khusus oleh juri, yaitu “Special Mention Award”. Pemenang pertama yang mendapatkan 5000 USD adalah Rizki Herviansyah Tadjudin dan Felicia Simon.
 
Para juri The Polygon 2nd International Bike Design 2011 Competition

 Dengan nama desain yang unik yaitu 'Pogoce', Rizki dan Felicia membuat desain sepeda yang berkonsep desain sepeda lipat dengan komponen penyimpan listrik agar sesama komunitas pengguna bisa saling bertukar energi. Konsep tersebut sangat menarik para juri yang terdiri dari Dudy Wiyancoko, (Ketua Divisi Desain Produk Industri, FSRD, ITB), Prof. Takaaki Bando (Department of Science of Design, Musashino Art, Universitas Jepang), Dr. Yen Ching Chiuan dari Universitas Nasional Singapura, Mizan Alla de Neve sebagai ketua Asosiasi Desain Produk Indonesia, Putu Fajar Arcana yang merupakan redaktur rubrik desain dan Peter Mulyadi, promotion manager Polygon.
 
Rizki juara pertama The Polygon 2nd International Bike Design 2011 Competition
 
Selain Rizki dan team, Yuhei Hirose dan Takeo Fuwa yang berasal dari Jepang juga mengaku puas dengan keputusan juri. Pasalnya, desain mereka yang bernama 'modifike' berhasil membawa mereka menempati posisi kedua dan meraih uang sebesar 3000 USD. Yuhei dan Fuwa membuat konsep roda sepeda yang mampu berubah bentuk dari bola ke piring sehingga menjadikan sepeda ini nyaman dikendarai di jalan raya maupun ditengah kemacetan.

Sementara untuk pemenang ketiga yang mendapatkan 1500 USD diraih oleh Denny Rasyid dan Tunjung Larasati yang membuat desain sepeda bernama 'Nanm'. Konsep sepeda Nanm cukup unik karena framenya dapat berfungsi sebagai keranjang tanaman, diperuntukkan bagi para penggemar aktivitas berkebun. Konsep untuk komunitas tersebut sangat cocok dengan tema The 2nd Polygon International Bike Design Competition kali ini, yang mengusung tema Bike Design For Community. Sementara untuk award yang khusus diberikan oleh juri jatuh kepada Jatmiko dengan desain 'Air Purrifier'nya. Penghargaan ini merupakan kali pertama dibuat oleh Polygon. 
 
Para juara The Polygon 2nd International Bike Design 2011 Competition

Menurut Santoso Lie, selaku head PR and Communications dari Polygon, mengatakan bahwa kompetisi ini dapat memacu generasi muda untuk selalu berkarya menciptakan inovasi-inovasi terbaru untuk masa depan.

Seluruh karya design ini akan diperlihatkan ke berbagai pameran desain baik didalam dan diluar negeri. Untuk jadwal pameran Polygon bike design di Jakarta dapat dilihat dalam pameran Polygon Bike Design di Summarecon Mall Serpong, lobby utama, dari tanggal 28 Januari 2012 sampai dengan tanggal 11 Februari 2012.

1 komentar:

  1. MasyaaAllah ...luar biasa hasil karya Rizki H.T. dari usia semuda ini th.2011-2012 ... Semoga karya2 nya banyak memberi manfaat dan menjadi amal semasa hidupnya. Sekarang beliau telah kembali pada sang Pencipta... Semoga husnul khotimah ... Rizki adalah putra sahabatku,...😥

    BalasHapus